SMKN 1 Tambusai Miliki Budidaya Perkebunan Hidroponik


Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Tambusai kabupaten Rokan Hulu kini telah memiliki budidaya perkebunan Hidroponik.
 
"Alhamdulilah kita saat ini telah memiliki perkebunan dengan metode hidroponik bantuan dari Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Rohul," ungkap Kepala SMKN 1 Tambusai, Miswan, S.S‎, Selasa (6/12/2016) ketika meninjau perkebunan Hidroponik.
 
Dikatakannya, Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. 
 
Nantinya, diperkebunan Hidroponik akan ditanam dengan tanaman sayur-sayuran dengan nilai ekonomis yang tinggi, seperti lobak, sawi dan kangkung.‎
 
Dengan adanya perkebunan hidroponik itu, Miswan berharap dapat merubah pola pikir anak didiknya, bahwa pertanian itu tidak susah. Bahkan tanpa lahan yang luas juga bisa menghasilkan hasil yang maksimal.
 
"Kita ingin merubah pola pikir anak-anak sekarang, dari pertanian sederhana menjadi metode pertanian semi modern," ucap Miswan yang dikenal ramah dengan para awak media ini.
 
Selain memiliki perkebunan dengan metode hidroponik, lanjut Miswan, SMKN 1 Tambusai saat ini sudah memiliki 5 jurusan yang sudah bermitra dengan dunia usaha dibidangnya.
 
Seperti jurusan TKJ, sudah bekerjasama dengan penyedia jasa Internet Citra Pasir Pengaraian, kemudian Jurusan ATP sudah bermitra dengan perkebunan marihat dan PT GSM Rantau Panjang.
 
Selanjutnya khusus untuk jurusan TSM, SMKN 1 Tambusai juga sudah menjalin MoU dengan PT Cavella Dinamika Nusantara membangun Workshop dan Laboratorium bengkel.
 
Dimana bengkel ini selain digunakan untuk tempat praktek perbengkelan kendaraan roda bagi anak magang, bengkel juga dibuka untuk umum bagi masyarakat yang ingin memperbaiki kendaraannya.
 
‎"Kebetulan kan sekolah kita berada dipinggir jalan raya, jadi kita manfaatkan buka untuk umum, sehingga keberadaan kita bisa dirasakan olah masyarakat sekitar," pungkasnya.