Disdikpora Rohul Secara Administrasi Telah Serahkan Kewenangan SMA/SMK Kepada Pemprov


Berdasarkan keputusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang kewenangan Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan dialihkan ke Provinsi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rokan Hulu, secara administrasi sudah menyerahkan ke Provinsi Riau.

Perubahan pengelolaan merujuk pada undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah pengganti undang-undang nomor 32 tahun 2004 bahwa manajemen pengelolaan SMA/SMK itu berada di tangan pemerintah Provinsi. Sedangkan pemerintah Kabupaten/Kota hanya menangani sekolah dasar dan sekolah menengah pertama.

Menurut Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rohul, H Zulkifli kepada Riauposting.com menjelaskan, pada 3 September 2016 lalu Disdikpora Rohul secara administrasi telah menyerahkan kewenangan terhadap SMA/SMK kepada Pemerintah Provinsi Riau.

“ Secara administrasi kewenangan tersebut telah kami serahkan kepada Provinsi Riau,” jelas H Zulkifli ketika ditemui di ruang kerjanya.

Lebih lanjut Zulkifli juga mengatakan, seluruh tenaga pendidik dan kependidikan yang bertugas di SMA/SMK juga kewenangannya menjadi kewenangan Provinsi Riau. Baik itu guru PNS, pengawas SMA/SMK maupun tenaga honorer yang dibawah naungan pemerintah provinsi.

“ Seluruh tenaga Pendidik maupun Tenaga Kependidikan yang terdiri dari pengawas SMA/SMK, tata usaha sekolah maupun pegawai kantor dinas atau kantor UPTD yang mengelola SMA/SMK dibawah naungan Pemkab Rohul, namun terhitung mulai Januari 2017 mendatang kini menjadi kewenangan Pemprov Riau,” paparnya.

Ketika ditanya kapan dilakukan serah terima kewenangan tersebut, Plt Disdikpora Rohul mengatakan, bahwa berdasarkan informasi yang dia terima serah terima kewenangan SMA/SMK itu akan dilakukan bulan mendatang. Tetapi sampai saat ini belum dapat informasi secara pastinya.

“ Untuk serah terima kewenangan tersebut belum dapat kita pastikan, kita tetap menunggu informasi secara resmi dari Pemprov Riau,” ungkapnya.